Warna

Share:
Warna, apa sih warna? Mungkin kita semua kenal yang namanya warna tapi kalo didefinisikan agak susah. Setiap benda yang bisa kita lihat akan mempunyai warna. Kalo air? Air memang bisa kita lihat dengan jelas, tapi tidak semua air bisa kita katakan mempunyai warna. Jika air yang bening dikatakan berwarna putih, trus apa bedanya dengan air susu? Air bening dan air susu mempunyai tampilan / warna yang sangat berbeda. Menurut ilmu fisika air (yang bening) dikatakan tidak memiliki warna. Air bisa mempunyai warna jika terkena/ tercampur dengan zat lain yang memiliki warna. Memang dunia memiliki warna yang sangat beragam. Dimana - mana ada warna. Terus kesimpulannya apa sih warna?

Warna adalah tampilan suatu permukaan yang terkena cahaya. Ketika suatu benda terkena cahaya maka permukaannya akan terlihat jelas, dan menampilkan warna. Jika suatu benda tidak terkena cahaya maka sangat sulit benda itu dikenali warnanya, kecuali benda itu mengeluarkan cahaya nya sendiri. 

Warna, merupakan unsur yang penting dalam suatu karya seni rupa. Seni rupa dapat lebih dinikmati keindahannya dengan adanya warna. Jika suatu karya seni rupa tidak memiliki warna, mungkin karya itu
bisa terlihat mati  atau monoton. Jadi, warna adalah unsur yang penting dalam suatu karya seni rupa.

Roda warna
Dengan roda warna ini bisa dilihat bahwa warna berasal dari 3 warna primer, kemudian membentuk warna sekunder, dan yang terakhir adalah warna tersier.
Warna Primer
Warna primer / warna pokok adalah warna yang menjadi dasar suatu warna baru, warna pokok belum tercampur dengan warna apapun. Warna primer terdiri dari merah, kuning, dan biru. Warna pokok yang dicampur dengan warna pokok lain akan menjadi warna primer.
Warna Sekunder
Warna sekunder adalah hasil turunan dari warna primer. Warna sekunder berasal dari warna pokok yang dicampur dengan warna pokok lain dengan skala perbandingan 1:1. Contoh warna warna sekunder:
  • warna merah + kuning menjadi orange
  • warna merah + biru menjadi ungu
  • warna kuning + biru menjadi hijau
Warna Tersier
Warna tersier adalah warna yang diperoleh dengan mencampur warna sekunder dan warna sekunder. Contoh warna tersier:
  • kuning  + orange = kuning orange
  • merah + orange = merah orange
  • merah+ ungu = merah ungu
  • kuning + hijau = kuning hijau
  • biru + hijau = biru hijau (turquoise)
  • biru + ungu = biru ungu
Warna Panas dan Warna Dingin
Setiap warna yang kita lihat bisa menimbulkan efek terhadap perasaan, ketika melihat suatu warna kita bisa membayangkan warna itu panas atau dingin. Contohnya warna merah kalo dibayangkan menjadi api atau suatu emosi yang merujuk pada sifat panas. Warna biru dibayangkan sebagai air yang mempunyai sifat dingin. Warna panas didominasi oleh warna merah, kuning, orange atau warna - warna yang cerah. Sedangkan warna dingin didominasi oleh warna  - warna gelap seperti biru, ungu, hijau. Warna panas dan warna dingin yang saling berseberangan (180°) akan membentuk perbedaan yang sangat mencolok atau disebut warna yang kontras.
Skema Warna
Skema warna hanya merupakan pedoman untuk memperoleh susunan warna yang selaras dan menarik. Jika pedoman ini diterapkan akan membantu dan memudahkan dalam mencari kombinasi warna yang diperlukan.

Skema Warna Analogus

Skema warna analog / analogus, merupakan kombinasi warna-warna bersebelahan atau berdekatan dalam lingkaran warna. Kombinasi ini menciptakan keselarasan karena perpindahan antar satu warna dengan warna lain berlangsung dengan halus, tidak terlalu kontras.

Skema warna monokromatik

Skema warna monokromatik adalah penyusunan warna berdasarkan tingkat cahaya atau brightness.

Skema warna Triadik

Skema warna triadik merupakan warna-warna yang terletak pada titik sudut segitiga sama sisi dalam lingakaran warna. Contoh warna yang didapat dari segitiga sama sisi adalah biru, merah dan kuning.
Skema warna Komplementer
adalah kombinasi warna-warna yang tepat berseberangan dalam lingkaran warna. Warna yang saling berseberangan akan tampak mencolok perbedaannya. Perpaduan warna-warna komplementer memiliki kekuatan warna yang berimbang dan saling melengkapi, bersifat kontras dan menghidupkan suasana.

Skema Warna Split-Komplementer

Skema ini adalah kombinasi warna-warna yang saling berseberangan letaknya dalam lingkaran warna. Split komplementer menggunakan satu warna dan dua warna di sisi objek yang melengkapi.

Skema warna Tetradic

Skema warna tetradic adalah skema warna yang melibatkan dua pasangan yang saling melengkapi secara bersamaan. Skema warna tetradic disebut juga sebagai ganda komplementer karena menggunakan dua set warna komplementer.

Karakter melalui Warna
Warna juga mendefinisikan sebagai karakter seseorang secara umum, setiap warna memiliki karakternya masing - masing. Berikut adalah karakter berdasarkan warna:

  1. Hitam, sebagai warna tua (gelap) dengan sendirinya menjadi lambang untuk sifat gulita, kegelapan, derita . 
  2. Putih, sebagai warna yang paling terang, melambangkan cahaya, kesucian. 
  3. Abu-abu, merupakan warna yang paling netral dengan tidak adanya sifat atau kehidupan spesifik. 
  4. Merah, bersifat panas membara, peringatan, penyerangan, cinta, berani. 
  5. Kuning, dengan sinarnya yang bersifat kurang dalam, merupakan wakil dari hal-hal atau benda yang bersifat cahaya, momentum dan mengesankan kebahagiaan, keceriaan dan hati-hati.
  6. Biru, sebagai warna yang menimbulkan kesan dalamnya sesuatu, sifat yang tak terhingga dan transenden, disamping itu memiliki sifat tantangan. 
  7. Hijau, mempunyai sifat keseimbangan dan selaras, membangkitkan ketenangan dan tempat mengumpulkan daya-daya baru, identik dengan pertumbuhan dalam lingkungan, pasukan perdamaian,kepuasan.
  8. Pink, warna yang identik dengan wanita, menarik/cantik, gulali.
  9. Orange, warna yang identik dengan musim gugur, penuh kehangatan, halloween. 
  10. Coklat, warna yang mengesankan hangat, identik dengan musim gugur, kotor, bumi.
  11. Ungu, warna yang identik dengan kesetiaan, kepuasan.
Warna adalah elemen yang pasti ada dalam hidup ini, tanpa warna hidup bakalan monoton, tanpa warna segalanya tampak biasa, tanpa warna tidak akan ada perbedaan. 
"Dan jika warna itu perbedaan, maka perbedaan itu indah. So, warnain hidup lo dengan segala sesuatu yang positif dan choice your color"

3 comments

Unknown said...

Keren, bermanfaat ...

Unknown said...

Trimakasi..Sangat bermanfaat..

Zainal Fahrudin said...

@ kevin syahrial, sama" :)