Membuat Siluet dengan menggunakan CorelDraw

Share:


Siluet, siapa yang nggak tau dengan seni yang satu ini. Siluet adalah seni yang berupa blok warna yang membentuk sebuah objek atau gambar tertentu. Jika orang awam mungkin akan menganggap siluet adalah gambar atau blok warna yang membentuk sebuah bidang wajah. Sebenernya siluet nggak sekedar wajah saja tapi bisa berupa objek lain seperti bunga, hewan, vas bunga, masjid dan lainnya.Tapi memang sih siluet masih didominasi sama bidang wajah seseorang.Siluet bisa dibuat melalui kanvas dengan manual, bisa juga melalui software aplikasi contohnya CorelDraw. Pembuatannya nggak  susah, asalkan punya skill dan kemauan. 
Yang perlu disiapkan untuk membuat siluet adalah objek atau foto untuk dijadikan siluet, tentunya foto yang diambil dari samping agar mudah untuk dijadikan siluet.
Dan pastikan warna background foto tidak terlalu banyak, mudahnya background tembok yang memiliki 1 warna / putih atau warna terang dan tidak ada objek lain. Contohnya foto teman saya seperti ini.. 
Setelah dapat foto yang pas atau cocok untuk dijadikan siluet, edit foto yang udah disiapkan dengan menggunakan software pengolah bitmap seperti photosop atau software lainnya. Disini menggunakan aplikasi Gimp. Edit foto yang udah disiapkan. Mainkan warnanya aja, kaya contras, brightness, balance. Paling nggak fotonya harus jadi semacam ini..
Mungkin ini udah jadi siluet ya? Tapi kalo diperhatiin ini masih kurang rapi dibagian pinggirnya. Setelah foto awal di edit semacam ini, import ke CorelDraw. Caranya klik File > import gambar editan tadi. 
Klik objek yang diimport tadi, kemudian klik kanan > outline > line art.

Atur detail dan smooting, untuk corner di set 0 saja kemudian klik Ok.
Klik kanan gambar, pilih Ungroup All. 
 Pilih shape tool. Mainkan nodes, hilangkan beberapa nodes dan mainkan curvenya.
Rapikan bentuk wajah dan buat rambutnya menjadi menarik. Sesuaikan juga bajunya, buat menjadi jas atau lainnya. Untuk finishing, pilih bezier tool. Buat garis melengkung dibawah. Atur warna dan star arrowhead /end arrowhead (ujung garis).
Gunakan text tool kemudian dekatkan kursor ke garis yang dibuat tadi. Dan tuliskan nama objek agar mudah untuk dikenali. 
Save dan Export siluet yang telah dibuat.
So, gampangkan cara membuat siluet menggunakan CorelDraw?  Selamat mencoba!

Postingan terkait Finishing Siluet